5 Fakta Muslim di Eropa

Islam semakin berkembang di Eropa. Meski terjadi beberapa kasus kekerasan seperti penembakan di Charlie Hebdo Perancis, perburuan “teroris” di Belgia, aksi protes anti Muslim di Jerman namun denyut Islam terus menggelora di Eropa.

Di beberapa Negara Eropa termasuk Jerman, Inggris dan Belanda mulai khawatir dengan pertumbuhan Muslim dengan mengkampanyekan pembatasan imigran. Sebenarnya seberapa besar populasi Muslim di Eropa? Dan seberapa cepat perkembangan Muslim disana?

muslimsassinair

Tulisan ini berdasarkan hasil penelitian Pew Research Center

1 Jerman dan Perancis memiliki populasi Muslim terbesar se Eropa

Terbilang thaun 2010 ada 4.8 juta Muslim di Jerman (5.8% dari seluruh populasi Jerman) dan 4.7 juta Muslim di Perancis (7.5% dari seluruh populasi Perancis). Namun untuk Eropa secara keseluruhan, populasi Muslim di Rusia adalah yang terbesar dengan 14 juta Muslim, 10% dari populasi.  FT_15.01.14_MuslimPopulation420px

2 Muslim berkembang dengan stabil

Dalam beberapa dekade terakhir, populasi Muslim di Eroa tumbuh pesar dari 4% di tahun 1990 menjadi 6% di 2010. Jika pola ini terus berlanjut maka diperkirakan pertumbuhan Muslim mencapai 8% pada 2030.

3 Usia Muslim lebih muda

Tahun 2010, usia rata-rata Muslim di Eropa adalah 32, delapan tahun lebih muda dibanding rata-rata usia penduduk Eropa (40). Kontras dengan orang Eropa yang dikelompok sebagai tidak beragama atheis, agnostic yang rata-rata berusia 37 tahun. Sedangkan rata-rata usia umat Kristen di Eropa adalah 42 tahun, lebih tua dibandinga rata-rata populasi Eropa, 40 tahun.

4 Beragam pandangan terhadap Muslim

Hasil penelitian Pew Research menunjukkan keberagaman pandangan atau opini bangsa Eropa terhadap Muslim. Di Spanyol, opini cenderung berimbanga. Sedangkan opini negative banyak terdapat di Italia, Yunani dan Polandia. Sementara itu opini atau pandangan positif terhadap Muslim banyak di Inggris, Perancis dan Jerman

5 Uni Eropa merupakan rumah bagi 13 juta imigran Muslim

di Jerman, imigran Muslim terbesar dari Turki, selain itu juga berasal dari Kosovo, Irak, Bosnia dan Maroko. Sekitar 3 juta imigran Muslim di Perancis sebagian besar berasal dari Negara bekas jajahan yaitu Aljazair, Maroko dan Tunisia.

FT_Muslims_Europe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s