Eco Diver Journalist

Siaran Pers untuk dipublikasikan
 
diver cartoon 1Eco Diver Journalists (EDJ) atau Jurnalis Penyelam Peduli Lingkungan kini memiliki pemimpin baru yang dipilih melalui Rapat Umum Anggota. Pimpinan baru EDJ, yakni Jekson Simanjuntak yang merupakan salah seorang penggagas berdirinya organisasi jurnalis yang semua anggotanya adalah penyelam bersertifikat.
 
Pemilihan yang dihadiri 11 jurnalis aktif yang berasal dari berbagai media itu tak membutuhkan waktu lama, setelah seluruh peserta sepakat memberi kepercayaan pada pria asal Medan itu untuk memimpin EDJ dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.
 
Jekson Simanjuntak sendiri telah lama berkiprah di dunia jurnalistik dengan bekerja di dua media massa elektronik, yakni Trans TV dan Berita Satu TV. Selain itu ia juga kerap berkontribusi untuk media online khusus lingkungan, sepertiberitalingkungan.com.
 
Selain sebagai jurnalis Ia juga banyak terlibat dikegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas jurnalis, baik sebagai narasumber maupun sebagai peserta, khususnya ketika masih aktif berkiprah di AJI Jakarta.
 
Dalam sambutannya usai terpilih sebagai ketua EDJ, Jekson Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada para peserta Rapat Umum Anggota atas kepercayaan itu.
 
“Terimakasih atas kepercayaan teman-teman pada saya. Dalam tiga tahun kepengurusan ini, saya akan meningkatkan legal standing EDJ sehingga lebih dikenal oleh masyarakat dan para pihak. Selain itu, kita juga akan melakukan rekrutmen anggota”, ujarnya. 
 
Anggota Luar Biasa Mapala PARINTAL FP USU itu juga mengharapkan dukungan seluruh anggota EDJ untuk mensukseskan program yang telah diputuskan dalam Rapat Umum Anggota I yang di gelar di P. Pramuka, pada 23 Mei 2014.
 
Pada Rapat Umum Anggota yang pertama itu, turut juga dihelat sejumlah kegiatan seperti pelatihan Identifikasi Kesehatan Ekosistem Terumbu Karang, Penanaman Mangrove dan Pelepasan Tukik di pantai P. Pramuka.
 
Kegiatan itu sendiri dihadiri oleh oleh sejumlah pihak, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diwakili oleh Sumarto Sumarno, Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNLKpS) diwakili Untung Suripto, selaku Kepala Seksi III Balai TNLKpS. Selain itu turut hadir perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diwakili Agus Widayanto dari direktorat KKJI – KKP dan The Nature Conservancy (TNC) diwakili oleh R. Jaka Setia selaku Communications Manager TNC.
 
Kehadiran Eco Diver Journalists juga tak bisa dilepaskan dari peran aktif organisasi SIEJ (The Society Of Indonesian Environmental Journalists) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia yang telah memberikan suport yang luar biasa. Berkat SIEJ, kegiatan-kegiatan itu bisa terlaksana dengan baik.
 
Eco Diver Journalists adalah sebuah perkumpulan yang didirikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dengan nama Jurnalis Penyelam Peduli Lingkungan, selanjutnya dikenal dengan sebutan Eco Diver Journalists (EDJ). EDJ merupakan lembaga nirlaba yang dideklarasikan di P. Pramuka, pada 23 Mei 2015 oleh 11 jurnalis.
 
Visi utama Eco Diver Journalists adalah berperan aktif untuk menyebarluaskan informasi yang mendorong pengelolaan sumber daya alam kelautan Indonesia berkelanjutan.
 
Sementara itu EDJ memiliki misi meningkatkan pemahaman publik akan isu sumber daya alam kelautan melalui liputan jurnalistik yang berkualitas. Memberikan dukungan peningkatan kapasitas kepada jurnalis dari semua media massa dan berperan aktif dalam upaya-upaya pelestarian sumberdaya alam kelautan.
 
Untuk menerjemahkan visi dan misi tersebut, EDJ akan melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari kegiatan peningkatan kapasitas jurnalis melalui berbagai kegiatan yang terkait dengan jurnalisme, menciptakan strategi dengan berorientasi pada masa depan untuk mendorong adanya perubahan mendasar pada cara berfikir manusia, dalam meningkatkan kesadaran lingkungan kelautan melalui praktek jurnalisme. Serta mengidentifikasi dan menggali sumber daya yang tersedia di Indonesia maupun di luar negeri untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi.
 
Pendirian Eco Diver Journalists bertujuan untuk membangun jaringan jurnalis bersertifikat selam, mendorong upaya peliputan isu sumber daya alam kelautan yang kritis, dengan cakupan lebih luas dan beragam. Serta tak ketinggalan meningkatkan kapasitas anggota tentang sumber daya alam kelautan melalui pemanfaatan sumber-sumber informasi, pelatihan, dan kegiatan pendidikan yang sudah tersedia bagi anggota.
 
Karena sifat organisasi ini adalan non partisan dan nirlaba, maka sumber pendanaan Eco Diver Journalists berasal dari beberapa sumber, seperti: iuran anggota, bantuan, hibah atau donasi yang tidak mengikat, serta usaha-usaha lain sepanjang tidak bertentangan dengan tujuan organisasi.
 
 
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
Jekson Simanjuntak/ Ketua Eco Diver Journalists di 081219845993

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s