Perbandingan Al Quran Tertua

Penemuan penggalan Al Quran tertua di Universitas Birmingham Inggris menjadi headlines di seantero dunia. Menurut BBC penanggalan radiokarbon menunjukkan manuskrip itu berusia setidaknya 1.370 tahun, membuatnya menjadi salah satu teks tertua di dunia.

quran-comparison-1Ahli manuskrip dari British Library, Dr Muhammad Isa Waley, mengatakan “penemuan menarik” ini akan membuat kaum Muslim “bersuka cita”.

Hasil uji coba menunjukkan potongan-potongan itu, yang ditulis di kulit domba atau kambing, merupakan salah satu fragmen Alquran tertua di dunia.

“Ini bisa membawa kita mendekati tahun penemuan Islam,” kata David Thomas, profesor bidang studi Kristen dan Islam di universitas tersebut.

“Orang yang menulisnya mungkin bahkan kenal dengan Nabi Muhammad. Dia mungkin melihat dan mendengar Nabi berkhotbah. Mungkin dia juga kenal Nabi – dan itu adalah kemungkinan yang luar biasa,” katanya.

Aksara Hijazi

Manuskrip itu ditulis dengan aksara Hijazi, yang merupakan penulisan aksara Arab dahulu kala.

Karena penanggalan radiokarbon menunjukkan rentangan kemungkinan usia, terdapat sejumlah manuskrip koleksi umum dan pribadi yang diperkirakan juga berusia hampir sama.

Jadi tidak mungkin memastikan yang mana merupakan penulisan Alquran paling awal.

Namun penemuan usia paling awal manuskrip di Birmingham ini –tahun 645 –kemungkinan membuatnya menjadi manuskrip tertua.

Waley, kurator manuskrip-manuskrip di British Library, mengatakan “dua lembaran ini, yang ditulis dengan aksara Hijazi yang indah dan terbaca jelas, hampir pasti berasal dari jaman tiga khalifah pertama”.

Tiga khalifah pertama merupakan pemimpin komunitas Muslim antara tahun 632 dan 656.

“Ketika saya pertama melihat lembaran ini, saya sangat tersentuh. Air mata saya penuh emosi dan kebahagiaan.

Dan saya yakin Birmingham akan didatangi warga dari sekeliling Inggris yang ingin melihat lembaran-lembaran ini,” kata Muhammad Afzal, dewan masjid pusat Birmingham.

Lalu bagaimana perbandingan Al Qur’an tertua terebut dengan mushaf yang kita miliki dan baca sekarang? Situs Ilmfeed.com membuat perbandingannya

quran-comparison2Dari grafis perbandingan tersebut, terbukti tidak ada huruf atau kata yang berbeda. Perbandingan tersebut merupakan petikan beberapa ayat awal Surat Thaha QS 20

20:1. Thaahaa.
20:2. Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah;
20:3. tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),
20:4. yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi.
20:5. (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas ‘Arsy.
20:6. Kepunyaan-Nya-lah semua yang ada di langit, semua yang di bumi, semua yang di antara keduanya dan semua yang di bawah tanah.
20:7. Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.
20:8. Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai al asmaulhusna (nama-nama yang baik).
20:9. Apakah telah sampai kepadamu kisah Musa?
20:10. Ketika ia melihat api, lalu berkatalah ia kepada keluarganya: “Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit daripadanya kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk di tempat api itu”.
20:11. Maka ketika ia datang ke tempat api itu ia dipanggil: “Hai Musa.
20:12. Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci, Thuwa.
20:13. Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu).
Salah satu Mukjizat Al Qur’an adalah senantiasa selalu terpelihara sampai akhir zaman. Demikian janji Allah SWT di QS Hijr ayat 9  “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s