Festival Media 2015

http://festival-media.aji.or.id/

Selamat datang di Festival Media 2015!

Saat ini jumlah media massa di tanah air mencapai 2130 media. Geliat pertumbuhan perusahaan media ini pun berdampak terhadap ragam informasi  yang diterima masyarakat. Sayangnya pertumbuhan pesat industri media justru tak dibarengi dengan peningkatan kualitas berita atau informasi yang dibutuhkan.

Sebagian media cenderung kurang memperhatikan kaidah etika jurnalistik ataupun pedoman penyiaran dalam memberitakan sebuah peristiwa. Bahkan sebagian media massa mendapatkan penilaian miring sebagai corong suara kepentingan yang terafiliasi dengan kelompok usaha maupun kelompok politik tertentu.

Kondisi ini sungguh mengkhawatirkan. Karena media memiliki tanggung jawab kepada publik untuk menyajikan sebuah kebenaran dalam informasi yang diberitakan. Jika ruang redaksi media tersebut telah terkooptasi dengan kepentingan usaha atau kelompok politik, sulit diharapkan informasi yang diberitakan agar adil dan berimbang.

Dalam konteks inilah Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan Festival Media bertemakan “Cerdas Memilih Media”. Fesmed diselenggarakan pada Sabtu – Minggu, 14 – 15 November di Universitas Atmajaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Dalam Fesmed ini, serangkaian kegiatan edukasi untuk masyarakat dalam memilih media.

Pengunjung akan memperoleh ilmu serta tips untuk senantiasa bersikap kritis atas informasi yang disajikan suatu media. Dengan semakin berkembangnya konsumen media yang cerdas dan kritis, diharapkan industri media juga akan terdorong untuk terus memperbaiki diri dan lebih berhati-hati serta akurat dalam menyajikan berita.

Jadwal Lengkap Festival Media 2015 (Up date 10 November)

 Hari Pertama (Sabtu, 14 November 2015)

 Pukul 09.00 – 10.00 WIB

 Pembukaan

 Pukul 10.00 – 12.00 WIB

 Talkshow “Cerdas Memilih Media”

Di tengah pertumbuhan media-media yang makin marak, masyarakat dihadapkan dengan serbuan informasi yang beraneka ragam. Media-media kemudian berlomba-lomba meraih perhatian publik dengan informasi berkualitas sampai sekadar berita sensasional.

Dalam Talkshow “Cerdas Memilih Media” kami akan mengulas isu-isu terkini mengenai media dan bagaimana mendorong masyarakat melek terhadap media dan informasi. Talkshow akan menghadirkan pembicara dari Ketua PBNU-Imam Aziz, Dir. Program TV Muhammadiyah-Retno Intani, Direktur RRI–Niken, Dosen Atma Jaya–Salvatore.

 media indonesia

Meraup Rupiah dari Video Anda (Monetize Your Video)

Jika Anda hobi merekam video, maka ini merupakan peluang yang sangat bagus. Sebab, hanya dari hobi ini Anda bisa menghasilkan uang di internet. Lalu, bagaimana strategi untuk melakukan monetize video anda di media sosial berbasis video ini? Hal ini akan dijawab dalam “Monetize Your Video” yang diselenggarakan pukul 10.00 – 12.00 WIB, di Kelas I. Kegiatan ini dipandu CEO Malesbanget.com, Dedy Dahlan.

 youtube

Kelas Menulis Blog

Anda sudah memiliki blog pribadi? Apakah sudah ramai pengunjungnya? Nah, salah satu rangkaian Festival Media 2015, akan diselenggarakan kelas “Pelatihan Menulis Blog” oleh Dosen School of Communication Unika Atma Jaya. Dalam kegiatan ini akan diulas tuntas

strategi yang ciamik untuk membuat tulisan-tulisan bermutu di dalam Blog. Pelatihan Menulis Blog diselenggarakan Pukul 10.00 – 12.00 WIB di Kelas III.

 blog

Pukul 12.00 – 14.00 WIB

 

Berkembang Bersama E-Commerce

Berbisnis online di era digital bukanlah barang baru. Banyaknya seller yang merambah dunia maya membuktikan bahwa tren bisnis online memiliki peranan penting dalam bidang ekonomi. Pertanyaannya, mampukah seller bersaing dalam bisnis yang dinamis dan selalu berkembang ini? Temui jawabannya dalam kelas “Berkembang Bersama E-Commerce” pukul 12.00 – 14.00 WIB, di Kelas II bersama CEO Gerai Saqina.com, Mohamad Rosihan dan Tokopedia.

 Jurnalisme Pesawat Tanpa Awak (Drone Journalism)

 

Jurnalisme Pesawat Tanpa Awak alias Drone Journalism menjadi terobosan baru dalam menyajikan visual pemberitaan. Kini, persfektif visual tak lagi sederajat dengan objek. Di sisi lain, penggunaan pesawat tanpa awak untuk kegiatan jurnalistik mengundang pro dan kontra. Temui pembahasan ini dalam kelas “Drone Journalisme” di Kelas I, pukul 12.00 – 14.00 WIB bersama Jurnalis Aljazeera, Bobby Gunawan.

Puul 14.00 – 16.00 WIB

 Menulis Kreatif bersama Okky Madasari

okky_03

Okky Madasari telah bergelut lama dalam dunia menulis kreatif. Sederet penghargaan telah ia raih, termasuk penghargaan Sastra Khatulistiwa untuk karya Novel Maryam. Dalam rangkaian kegiatan Festival Media 2015, Okky akan membagi pengalaman dan ilmu mengenai bagaimana menulis kreatif. Kegiatan ini akan diselenggaran pukul 14.00 – 16.00 WIB di Hall Utama.

Masa Depan Jurnalis di Tengah Konvergensi Media

 Kini, profesi jurnalis makin mendapat tantangan seiring dengan perkembangan teknologi. Jurnalis pun dituntut untuk menguasai seluruh keterampilan produksi berita untuk media (radio, televisi, online, dan cetak). Tapi di balik itu semua, bagaimana sebenarnya kesejahteraan mereka? Seperti apa kerja jurnalis setelah konvergensi media terjadi?

Pertanyaan tersebut akan dijawab oleh Ketua Federasi Serikat Pekerja Media Independen (FSPM) Independen, Abdul Manan, dan Direktur Global TV, David Audy dalam “Masa Depan Jurnalis di Tengah Konvergensi Media” Pukul 14.00 – 16.00 WIB di Kelas III.

 Hari Kedua (Minggu, 15 November 2015)

 Pukul 10.00 – 12.00

 securityKeamanan di Era Digital dan Ancaman Terhadap Privasi

 Bagaimana jika data diri, tanpa sepengetahuan Anda diperjual-belikan untuk kepentingan bisnis? Hal ini merupakan fenomena yang lumrah di tengah kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang makin berkembang. Dalam konteks ini, keamanan di era digital sangat diperlukan. Untuk itu, perlu strategi dalam melindungi privasi anda lantaran keteledorean, ketidaktahuan dan kesengajaan dalam memberikan data diri kepada layanan internet.

Dalam Festival Media 2015, hal ini akan diulas dalam talkshow “Keamanan di Era Digital dan Ancaman Terhadap Privasi” dengan narasumber Pakar IT, Onno W Purbo dan Jim Nolan di Hall Utama Universitas Atmajaya, Pukul 10.00 – 12.00 WIB.

 Kelas Dokumenter Kreatif

docu Apa yang dibayangkan ketika kita mendengar “film dokumenter”? Film Realitakah? Realita siapa? Lalu bagaimana  jika film dokumenter menggunakan pendekatan film fiksi, realita apa yang direpresentasikan? Apakah masih disebut film dokumenter? Inilah dokumenter kreatif.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai hal ini, Sedap Films menyelenggarakan “Kelas Dokumenter Kreatif” bersama Sutradara Chairun Nissa. Kegiatan akan diadakan di Kelas II Pukul 10.00 – 12.00 WIB.

 

Monetizing Online Media

 

Bagaimana strategi meraup Rupiah melalui media Online? Apa saja yang perlu dipertimbangkan dan direncanakan agar website personal Anda dapat membetot perhatian publik? Temukan jawabannya dalam perbincangan “Monetizing Online Media” bersama Product Manajer Aplikasi BABE, Aristama Roesli dan Social Blogger, Damar Juniarto pukul 10.00 – 12.00 WIB di Kelas III.

 

Pukul 12.00 – 14.00 WIB

 

Fotografi Menggunakan Gadget (Photography Using Gadget)

 Kini, manfaat telepon pintar (smartphone) tak sekadar untuk berkomunikasi, tapi sudah menjadi alat fotografi. Pabrikan gadget dan smartphone pun berlomba-lomba meningkatkan kualitas fitur kamera untuk memenuhi permintaan pasar. Dengan adanya fitur kamera ponsel, semua orang berkesempatan untuk mengabadikan peristiwa dalam sebuah foto. Ikuti workhsop “Photography Using Gadget” pukul 12.00 – 14.00 WIB di Kelas II bersama Fotografer Profesional Arbain Rambey.

Penggunaan Open Data dalam Peliputan Investigasi

 

Open Data merupakan data terbuka terutama data milik pemerintah, terhadap publik, dapat digunakan dan didistribusikan atau diolah kembali untuk kepentingan publik di era keterbukaan informasi.  Dalam peliputan investigasi, Open Data bisa dimanfaatkan untuk melakukan kerja-kerja investigasi untuk membongkar fakta baru dari isu tertentu yang luput dari perhatian publik. Bagaimana strategi memulai liputan investigasi melalui Open Data? Ikuti diskusinya bersama Jurnalis Tempo Wahyu Dhyatmika pukul 12.00 – 14.00 WIB di Kelas II.

Kelas Menulis Opini

Dengan keberagaman informasi yang beredar saat ini, masyarakat perlu mendapatkan posisi untuk mencernanya. Informasi yang diperbicangkan di tengah-tengah masyarakat ini pun terus dikembangkan agar dapat menjadi sebuah diskursus. Lalu bagaimana menuangkan ide-ide dan gagasan dari informasi yang beredar ini melalui tulisan. Ikuti kelas “Penulisan Opini” bersama Dosen School of Communication Unika Atma Jaya, Salvatore Simarmata pukul 12.00 – 14.00 WIB.

Masih Perlukah Kode Etik di Era Digital?

Era digital telah membawa perubahan besar terhadap gaya penyampaian berita oleh media-media. Tentunya dengan kemudahan distribusi berita di era digital, media saling berlomba untuk mencari perhatian publik. Berita biasa bisa dibungkus dengan sensasional. Di saat bersamaan, banyak godaan juga terhadap jurnalis untuk membuat berita menarik dengan cara-cara menerobos etika. Lalu bagaimana cara untuk memproduksi berita berkualitas tanpa harus menabrak etika jurnalistik? Cari jawabannya di “Kelas Kode Etik Jurnalis di Era Digital” yang berlangsung pukul 12.00 – 14.00 WIB di Ruang Multimedia bersama Presenter CNN, Prabu Revolusi dan Jurnalis Senior Revolusi Riza.

Pukul 14.00 – 16.00 WIB

Talkshow Mana Indonesiamu “Menjadi Presenter” bersama Najwa Shihab dan Aiman Wicaksono

https://www.youtube.com/channel/UCotW4jx-CzZhqIBdhRnC2Gg

Dua presenter kondang, Najwa Shihab dan Aiman Wicaksono akan mengisi salah satu rangkaian kegiatan Festival Media 2015. Mereka akan berbagi cerita, pengalaman serta tips-tips untuk menjadi presenter. “Talkshow Menjadi Presenter” bersama Najwa Shihab dan Aiman Wicaksono akan diselenggarakan pukul 14.00 – 16.00 WIB di Ruang Yustinus 15, Universitas ATMA JAYA.

Pukul 16.00 – 16.30 WIB

– Pengumuman Apresiasi Jurnalis Jakarta (AJJ)

– Pemenang Lomba Jurnalis Cilik

– Pemenang Lomba Penulisan Online Pers Mahasiswa

– Pemenang Lomba Photo on Location

– Pemenang Lomba Penulisan Kreatif “Mana Indonesiamu”

– Pemenang Lomba Stand Up Comedy

– Pemenang Lomba Stand AJI Kota

– Penutup

Pukul 16.30 – 17.00 WIB

– Musik: Merah Bercerita

Perlombaan

  aji

  1. Lomba Jurnalis Cilik

Kecil-kecil jadi jurnalis? Tak ada salahnya. Minat untuk menggeluti bidang jurnalis perlu diasah sejak dini. Perlombaan ini terbuka untuk umum untuk dua kategori: Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Silakan daftarkan putra-putri Anda dalam perlombaan ini untuk mendapatkan hadiah utama berupa Sepeda Baru. Kegiatan ini diselenggarakan Sabtu, 14 November di Hall C, Atma Jaya pukul 11.00 – 14.00 WIB. Info lebih lanjut silakan hubungi Ezra Sihite 0858-1423-4303.

  1. Lomba Photo on Location

Bagi Anda yang hobi berfoto-foto, silakan mengabadikan diri di dalam lokasi Festival Media 2015. Unggah foto Anda lewat twitter dengan mention @AJIIndo diikuti #FesMedAJI. Foto terbaik akan mendapatkan hadiah menarik dan diumumkan di akhir acara Festival Media 2015. Info lebih lanjut hubungi Ochi 0812-1561-1947. Hadiah Utama: 3 Smartphones dari Smartfren.

  1. Lomba Stand Up Comedy

Humor selalu bisa menjadi cara nyinyir tetapi sehat untuk melancarkan kritik. Dengan humor pula, manusia bisa sadar bahwa ada sesuatu yang tidak pas dengan dirinya. Menyindir diri sendiri. Lomba Stand Up Comedy ini akan mengambil tema “Cerdas Memilih Media”. Lomba ini terbuka untuk peserta dari seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Erric 0852-9211-0952. Tiga Pemenang lomba Stand Up Comedy akan mendapatkan hadiah masing-masing Ponsel Nokia Lumia 730.

  1. Lomba Menulis Kreatif “Mana Indonesiamu”

Seluruh mahasiswa yang berkunjung ke Festival Media 2015 bisa mengikuti lomba ini. Tulis artikel mengenai “Mana Indonesiamu” sebanyak 500 kata. Karya yang dimuat dalam media sosial atau pun Blog bisa ditautkan melalui twitter dengan #ManaIndonesiamu dan mention ke @AJIIndo. Informasi lebih lanjut hubungi Eva Danayanti 0817-278-871. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa 3 smartphones dan Tablet.

  1. Lomba Penulisan Online Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa merupakan organisasi yang mewadahi calon-calon jurnalis professional. Lomba penulisan online pers mahasiswa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas calon-calon jurnalis, khususnya dari kampus. Dalam lomba ini organisasi pers mahasiwa telah mengirimkan artikel-artikel terkait dengan kelestarian lingkungan. Informasi lebih lanjut hubungi Hesty 0878-8883-9543. Total hadiah lomba ini mencapai Rp 5 juta.

  1. Apresiasi Jurnalis Jakarta

Apresiasi Junalis Jakarta (AJJ) merupakan ajang bergengsi terhadap jurnalis di Jakarta. Penghargaan ini diberikan bagi jurnalis Jakarta untuk karya yang dinilai berkualitas dan memiliki pengaruh terhadap masyarakat luas. Informasi lebih lanjut hubungi Pebriansyah 0856-9736-3765. Total hadiah mencapai Rp 25 juta.

  1. Stand Terbaik untuk AJI Kota

Panitia penyelenggara Festival Media 2015 memberikan apresiasi bagi rekan-rekan AJI Kota yang telah membuka pameran pada kegiatan ini. Salah satunya adalah memberikan hadiah bagi pameran terbaik yang dipersembahkan untuk masyarakat dalam Festival Media kali ini.

Untuk mengetahui informasi ini, silakan hubungi Abdul Manan 0818-948-316. Lima stand terbaik mendapatkan 4G Smartfren/Rutter dari Smartfren.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s