Mengenang Pembantaian Paris 1961

pm 1

17 Oktober 1961 polisi Paris membantai 200 warga Algeria yang berunjuk rasa menuntut penyelesaian damai konflik Algeria. Kepala kepolisian Paris, Maurice Papon yang bertanggungjawab memerintahkan tindakan brutal polisi. Ketika itu lebih dari 30.000 orang yang tergabung dalam National Liberation Front (FLN) Algeria berkumpul di dekat sungai Seine, Paris. Mereka menuntut kemerdekaan Algeria yang sejak 1830 dijajah oleh Perancis. Demonstran juga memprotes kebijakan jam malam yang melarang keturunan Algeria dan Muslim keluar rumah mulai pukul delapan malam.

Here_are_drown_the_Algerians

Dengan bersenjatakan pentungan dan senapan, polisi menyerang para demonstran. Demonstran didigiring ke arah jembatan Saint Michel lalu dipukuli oleh polisi. Banyak orang yang masih hidup dilemparkan ke sungai Seine dalam kondisi tangan diborgol lalu mati tenggelam. Saksi mata menceritakan bagaimana sungai Seine dipenuhi mayat terapung selama berminggu-minggu yang hanyut hingga tepi pantai.

paris-massacre-2

Setelah 37 tahun menyangkal pembantaian ini, pada tahun 1998 pemerintah Perancis mengakui pembantaian ini dengan mengklaim korban hanya 40 orang, sedangkan banyak fakta sejarah yang menyatakan korban lebih dari 200 orang. Sejarawan Jean Luc Einaudi yang mengangkat kembali Pembantaian Paris dan menuntut pemerintah Perancis untuk bertanggungjawab. Maurice Papon bersikukuh bahwa demonstran menembaki polisi sehingga polisi harus melakukan kekerasan. Papon tidak pernah dinyatakan bersalah atas Pembantaian Paris namun divonis bersalah untuk tindak kejahatan yang lain.

pm2

17 Oktober 2001, Bertrand Delanoe, Walikota Paris yang berhaluan sosialis, memasang tanda peringatan untuk mengenang pembantaian Paris di jembatan Saint Michel. Namun politisi sayap kanan dan polisi Perancis menentangnya dengan alasan tanda peringatan itu bisa membangkitkan keberanian masyarakat untuk melawan polisi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s