4 Maskapai Islami di Dunia

rayani 2

Pramugari berjilbab, makanan dijamin halal, tidak melayani alcohol wine bir dan sodara-sodaranya. Dan berdoa sebelum terbang. Itulah beberapa khas maskapai Islami. Saat ini ada empat maskapai Islami yang terbang di atas bumi.

  1. Rayani Air

Diluncurkan pada bulan Desember 2015, Rayani Air adalah penerbangan full service dari Malaysia. Rayani Air bermarkas di Langkawi dan melayani rute ke Kuala Lumpur dan Kota Bahru. Saat ini Rayani Air hanya memiliki dua Boeing 737-400 dengan kapasitas 180 penumpang dan hanya delapan pilot dan 50 awak. Tetapi pemiliknya memiliki rencana perluasan cepat dengan rencana terbang ke kota-kota lain di Malaysia dan kemudian juga Mekkah untuk ibadah haji dan umroh lapor The New Straits Times.

  1. Iran Air

Maskapai ini melayani rute ke 80 kota tujuan. Didirikan tahun 1944 dengan nama awal Iranian Airways Company. Nama Iran Air mulai digunakan pada tahun 1961. Iran Air berbasis di Teheran. Salah satu layanan utama Iran Air adalah mengantar jamaah haji dan umroh. Pada tahun 2001, Iran Air menerbangkan 60.000 jamaah haji Iran menuju Jeddah. Armada Iran Air antara lain Airbus A300 dan Boeing 747-200.

iran air.jpg

  1. Royal Brunei Airlines

Ketika masih dalam jajahan Inggris, pada tahun 1974 Royal Brunei Airlines sudah terbang dengan dua pesawat 737-200. Setelah Brunei merdeka pada tahun 1984, RB langsung mengembangkan usaha dengan menambah rute penerbangan ke lima kota ASEAN yaitu Jakarta, Bangkok, Kualalumpur, Manila dan Singapura. Kini RB didukung oleh armada Airbus 319, 320, dan Boeing 787-8.

  1. Saudi Arabian Airlines

Ketika membaca artikel ini dari atas, mungkin anda menebak bahwa maskapai asal Arab Saudi termasuk maskapai Islami. Dan tebakan anda jitu. Saudi Arabian Airlines ini berbasis di Bandara King Abdul Azis Jeddah. Awalnya presiden Amerika Serikat FD Roosevelt memberi hadiah Raja Abdul Azis bin Saud sebuah pesawat Douglas DC-3. Seiring dengan perkembangan, armada Boeing, Airbus dan Embraer memperkuat Saudi Arabian Airlines.

saudi 1

 

Firnas Airways

Firnas Airways, maskapai Islami dari Inggris sedang mempersiapkan diri untuk beroperasi mulai tahun 2016. Nama Firnas terinspirasi dari Abbas ibn Firnas, cendikiawan muslim yang memikirkan pertama kali bagaimana manusia bisa terbang.

firna 3

Jika Firnas Airways resmi beroperasi terbang menjelajahi langit dan mengangkut penumpang maka selamat datang maskapai Islami ke 5.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s