Berapa Harga Anda Jika Ditukar dengan Emas?

IMG_4586.JPG
Perth Mint, pabrik peleburan emas berdiri 1899. George Temple Poole adalah arsitek yang merancang bangunan Perth Mint yang sampai kini masih gagah berdiri

Koin emas seberat 1 ton berputar perlahan dengan anggun, seakan memberi ucapan selamat datang ke setiap pengunjung Museum Perth Mint di Perth, Australia Barat. Di salah satu sisi terpahat kangguru, hewan khas Australia sedangkan di keping sebaliknya terdapat gambar Ratu Elizabeth II. Koinnya emas ini seharga 1 juta dollar atau sekitar 13 milyar. Dibagian atas ruangan terdapat layar lebar yang memutar tayangan mengenai serba-serbi emas.

IMG_4589.JPG
Turis tertarik mengabadikan patung The Strike
img_4594
The Strike patung yang menggambarkan dua penambang emas William Ford dan Arthur Bayl

IMG_4604.JPGSebelum memasuki Museum Perth Mint, saya terpesona dengan bangunan lantai dua yang berdiri gagah dipayungi langit biru dengan pelataran yang luas. Di tengah halaman pandangan saya tertumbuk pada patung perunggu dua orang petambang yang tengah serius mengamati sesuatu. Patung tersebut menggambarkan kisah dua pria bernama William Ford dan Arthur Bayley yang menemukan emas di dekat kota Coolgardie tahun 1892. Penemuan emas ini melahirkan harapan bagi koloni yang yang sedang berkembang di Australia Barat. Aktivitas pertambangan yang berkembang pesat membutuhkan percetakan emas karena itulah Perth Mint didirikan tahun 1899. Patung yang dikenal bernama The Strike ini dipahat oleh seniman Greg James dalam ukuran yang sebenarnya.

 

IMG_4608.JPG
Logam Emas terbesar di dunia seberat 1 ton. WooooW Berapa tuuh harganya..?
img_4610
Logam Emas terbesar, salah satu sisi keping bergambar Ratu Elizabeth II sedangkan sisi yang lain bergambar kangguru

Di bawah bayangan gedung yang teduh seorang pemandu wisata mengangkat bongkahan emas, tentu hanya replikanya bukan bongkahan emas asli. Diberi nama sebagai Golden Eagle Nugget, bongkahan emas seberat 35 kilogram, adalah bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan di Australia. Golden Eagle ditemukan tahun 1931 oleh seorang remaja bernama Jim Larcombe. Kami lalu diarahkan untuk masuk kedalam museum Perth Mint.

Perth Mint pertama kali dibuka pada tahun 1899 sebagai salah satu cabang Britain Royal Mint. Sebelum Perth Mint, ada dua percetakan emas cabang Britain yang sudah lebih dahulu beroperasi di Australia. Hingga kini Perth Mint adalah percetakan tertua yang masih beroperasi dengan memakai bangunan yang asli.

IMG_4612.JPG
Atraksi peleburan emas dan mencetak emas batangan

Wisatawan bisa berkunjung ke Perth Mint yang buka setiap hari bukan dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Tiket masuknya $19,00 bagi wisatawan dewasa, $8 untuk tiket anak, batita atau bayi dibawah tiga tahun gratis. Bagi rombongan keluarga bisa membeli tiket $48 untuk dua dewasa dan dua anak.

Karena Perth Mint masih beroperasi mencetak emas dalam berbagai bentuk seperti koin dan emas batangan maka pengunjung dilarang keras untuk memotret demi menjaga keamanan. Namun karena rombongan kami adalah rombongan istimewa yang diundang khusus oleh Tourism of Western Australia semacam departemen pariwisata negara bagian Australia Barat maka kami diberi ijin untuk memotret apa saja tapi tidak boleh memotret gembok atau kunci.

Selepas melihat koin emas raksasa seberat 1 ton, kami digiring untuk memasuki ruang peleburan emas. Kami duduk di bangku kayu panjang yang disusun bersaf berundak-undak ke atas menghadap tempat peleburan emas. Si pemandu lantas mengenakan pakaian seperti celemek khusus, alat pelindung kepala serta sarung tangan panjang hingga ke bahu. Biji emas ditaruh wadah lalu dipanaskan hingga mencair, cairan emas tersebut lantas dituang ke cetakan. Tampak nyala api ketika cairan kuning membara itu dituang ke dalam cetakan. Setelah mengental, emas dikeluarkan dari cetakan lalu dimasukkan ke dalam cairan untuk pendinginan. Jadilah sebatang emas senilai $ 500.000 atau lebih dari lima miliar rupiah. Pertunjukkan penuangan emas ini menjadi salah satu atraksi menarik di Perth Mint yang bisa dilihat tujuh kali sehari di jam tertentu.

Perth Mint memamerkan berbagai koleksi terkait dengan sejarah penambangan emas, berbagai peralatan tambang tua, foto-foto. Ada sepeda kuno yang dulu dipakai penambang wara-wiri. Seorang teman nyeletuk “Ini namanya bike to gold” bersepeda untuk memburu emas. Selain itu Perth Mint juga memamerkan koleksi koin emas yang bermacam-macam. Ada koin emas bertema kartun Disney. Salah satu koleksi unggulan ada bongkah emas The Normandy yang ditemukan tahun 1995. Bongkahan emas seberat 25.5 kilogram ini adalah bongkahan emas terberat kedua di dunia yang masih utuh, tidak dicairkan. Dari balik kaca, disela-sela rak pajangan, pengunjung juga bisa melihat para pekerja mencetak koin emas. Anda ingin tahu berapa harga anda bila diukur dengan emas? Naiklah anda ke timbangan di Perth Mint lalu timbangan akan menghitung berapa nilai anda berdasarkan berat badan dikalikan harga emas pada hari itu.

img_4620
Mesin timbang badan lalu dikonversi ke harga emas

Saya berharga AUD $ 4.8 juta atau sekitar 50 miliar rupiah. Jumlah yang lumayan.

IMG_4623.JPG
Naah inilah harga tubuh saya bila dikonversi ke emas 4.8 juta dollar
IMG_4631.JPG
Kita bisa melihat para pekerja yang sedang memproduksi koin emas

IMG_4626.JPG

IMG_4636.JPG
AURUM alias Emas

Penjelajahan Perth berlanjut ke The Swan Bell Tower. Gedung setinggi 82,5 meter itu adalah rumah bagi 18 lonceng. Belasan tali berjuntai mengelilingi ruangan. Saya menarik ke bawah salah satu tali dengan sekuat tenaga, dalam hitungan detik tangan saya tertarik balik ke atas. Tenaga balik dari lonceng seberat 300 kg yang saya tarik sanggup mengangkat tubuh saya. Lonceng berbunyi nyaring. Teman-teman yang lain juga bersemangat menarik tali lonceng. Suara berklonengan saling bersahutan. Tidak ada momen khusus untuk membunyikan lonceng di The Swan Bell Tower, setiap saat pengunjung bisa merasakan sensasi membunyikan lonceng yang beratnya ratusan kilogram dan sanggup membuat anda berkeringat layaknya tengah berolahraga.

img_4644
The Bell Tower yang berdiri megah di pinggiran Swan River, Perth
IMG_4659.JPG
Swan River membentang di depan mata
IMG_4679.JPG
Elizabeth Quay

Di lantai teratas The Swan Bell Tower, mata saya dimanjakan lanskap Swan River yang membelah kota Perth. Di sisi kanan tampak Elizabeth Quay yang menjadi daya tarik wisata terutama di malam hari ketika lampu beraneka warna menyala. Jika hati anda tertambat pada Perth yang melankolis, sebaiknya anda membeli cinderamata berupa gembok berbentuk yang bisa digrafir nama anda lalu kuncilah gembok tersebut di pagar rantai yang berada di air mancur depan Swan Bell Tower. Dan kenangan Perth akan selalu tersimpan abadi.

img_4678
Lanskap kota Perth

Tulisan ini atas dukungan Tourism of Western Australia dan National Geographic Indonesia. Rangkaian yang lain Antara Perth dengan Jakarta

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s