DIS

dahlan-iskan-madinah2
Foto : https://disway.id/lebih-menyiksa-dari-sakit-jantung/

Aku tidak tahu Dahlan Iskan sakit keras kedua kalinya. Sangat keras. Sangat serius. Hampir merenggut nyawa DIS, panggilan akrab Dahlan Iskan. Nampaknya sejak ganti hati, DIS akrab dengan perkara kesehatan.

Aku baru tahu ketika berselancar, jatuh di situs pepnews.com Awal berselancar, gara-gara segerombolan mahasiswa plus mahasiswi jurnalistik yang ngerumpi perseteruan dua jurnalis selebtwit. Perseteruan serius karena adul-adul alias buka-bukaan aib.
Aku pengen tahu. Meski aib pribadi, tapi karena diumbar di muka umum bikin penasaran. Googling. Nemu banyak link. Salah satunya menjurus ke pepnews. OOoo ini thoo aibnya. Belum terlalu gamblang tapi ini soal tidur meniduri. Aku scroll ke bawah, nemu artikel yang menyebut nama Dahlan Iskan. Wartawan senior, bos Jawa Pos, mantan menteri dan pernah ganti hati. Tentu aku pilih nama Dahlan Iskan ketimbang dua wartawan selebtuit itu.
Kalian perlu tahu, Dahlan Iskan itu salah satu penulis idolaku. Sumber cerita asli, bukan fiksi. Fakta bin nyata. Tulisannya ringkas, padat, lincah. Tas-tes. Persis karakter DIS ketika bekerja. Bumbu humor pas. Kadang bikin senyum, sering pula memancing tawa geli.
Kalian mungkin ingin tahu, sakit apa pak DIS? Ketika Umroh di Madinah Desember lalu, suatu malam DIS tiba-tiba sesak napas. Dadanya sakit. Punggungnya sakit. DIS panik. DIS berteriak I got heart attack!!! DIS dilarikan ke rumah sakit. Setiba di UGD, DIS langsung ditangani. Diagnosa dokter, jantung DIS baik-baik saja. Jantung DIS bekerja prima. Pencernaan DIS yang bermasalah. Nanti akan sembuh sendiri.
Kalian tahu enggak, apa itu aorta dissection? Terdengar seperti nama band heavy metal. Aorta Dissection adalah penyakit akibat pecahnya pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung menuju ke organ tubuh yang lain. DIS mengalami aorta dissection. Penyakit serius. Super serius.
“Untung Anda tidak meninggal waktu itu terjadi di Madinah,” kata James Wong, dokter yang merawat DIS di Singapura.
Mungkin agar yang lain tahu, DIS menuliskan pengalaman sakit parah dalam serial tulisan Lolos dari Maut. Ada 13 tulisan. DIS selalu segar meski bercanda dengan maut. Tulisannya masih sarat dengan humor. Dan juga kejujuran, menampilkan kecemasan, kepanikan dan kekhawatiran DIS, istri DIS, anak DIS, menantu DIS, cucu DIS, sahabat DIS, dokter yang merawat DIS, tentu para penikmat tulisan DIS.
Ketahuan, ada penggemar bernama Ali Salim yang membaca, menikmati dan mengikuti serial Lolos Dari Maut. Ali Salim bahkan mengecek detail informasi yang ditulis DIS. Misalnya apa benar lebar aorta itu 4 cm? Menurut Ali Salim, lebar aorta hanya 1.5 mm bukan 4 cm. Mana yang benar? Silakan saja simak tulisan DIS. Di setiap seri tulisan, Ali Salim membubuhkan komentar dan pertanyaan. Ali Salim memberi dorongan semangat kepada DIS agar terus menuliskan serial Lolos Dari Maut.  ‘’Berhubung nomor parpol peserta pemilu 2019 sampai 14, maka serial ini agar adil harus baru berakhir di atas nomor 14…..hahaha.” 
Waaah karena Minggu lalu PBB dikabulkan ikut pemilu 2019 maka jumlah partai nambah, berarti serial Lolos Dari Maut juga harus ditambah. Panjang umur pak DIS, semoga selalu sehat dan menulis, menambah koleksi http://disway.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s