Dancing Fountain

WhatsApp Image 2018-08-25 at 07.36.20 (1)Dari Kalibata City, kami menyeberang jalan menuju Stasiun Duren Tiga. Lokasi strategis menjadikan Kalibata City hunian favorit untuk memangkas jam jalan ibukota yang kejam. Selepas portal tiket ada mesin minuman Blue Pay. Lagi diskon bagi pengguna BluePay yang pertama download aplikasi, beli apa saja harga hanya 100 perak.

 

Saya download BluePay dari Google Play. Agak lemot, dibantu wifi dari sales BluePay, nama wifinya Imelda. Dia yang mengetik passwordnya. Aplikasi BluePay sudah terinstal, saya top up lima ribu lewat si mbak ”Ïmelda” Item pertama hanya seharga 100 perak. Saya memilih yang mahal, Susu Bear Brand. Item kedua diskon 10%. Adlina ingin air putih, jadi kami memencet gambar Le Minerale, botol pun berguling dari mesin.

Kereta jurusan Stasiun Kota lengang. Kami duduk. Adlina dan Arai bermain dengan Togar dan dua teman lain, geng krucil Kalcit. Kami turun di Djuanda lalu memesan Grabcar. Saya memilih tujuan gerbang Monas dekat Patung Kuda, seberang kantor Indosat. Sebentar saja kami sudah sampai di gerbang Patung Kuda. Berjalan kaki memasuki kawasan Monas, di kejauhan tugu Monas berwarna warni. Permainan video mapping sudah dimulai. Garis berwarna-warni membentuk aneka gambar dan tulisan. Ada gambar-gambar orang bermain beberapa cabang olahraga seperti lari, sepak bola, berenang, gulat. Ada tulisan Indonesia Juara, Asian Games 2018.

Video mapping ini untuk menyemarakkan pesta olahraga Asian Games 2018.

Seorang teman, Darmawan Eko (Kokok) di akun Instagram memposting persiapan video mapping. Sejak tidak bekerja di Trans TV, Kokok kerap mengerjakan proyek video mapping.

Musik berdentum-dentum. Kami duduk di aspal sambil menikmati aneka permainan cahaya. Di keremangan malam, Tugu Monas terlihat seksi.

Video mapping selesai. Anak-anak ingin main sepeda Gowes. Kami mencari titik dimana stasiun sepeda Gowes. Saya mengunduh aplikasi Gowes, mengisi data. Di aplikasi terpampang beberapa tarif sewa, yang sempat saya ingat 10 ribu untuk dua jam. Tapi saat ini masih gretong, free alias gratis. Menunggu beberapa saat, dua sepeda dikembalikan. Arai memindai kode batang yang terdapat di gembok dibawah jok. Adlina dan Togar berkeliling Monas dengan Gowes.

WhatsApp Image 2018-08-25 at 07.36.19

Saya dan Arai menuju ke arah kumpulan tenda. Kami membeli permainan kunang-kunang. Hanya 10 ribu per biji. Kunang-kunang ini sebilah bambu dengan sepasang sayap plastik. Lampu LED dua warna, biru merah berkelip-kelip. Si kunang-kunang diterbangkan ke atas dengan tenaga tarikan karet pentil merah yang diikat di batang bambu. Cara kerja mirip ketapel.

Arai senang. Kami gantian menerbangkan kunang-kunang ke langit Jakarta. Arai berlarian menyambut kunang-kunang yang turun ke bumi Batavia.

Shanty dan beberapa teman menikmati Air Mancur menari. Sambil bersepeda, gantian dengan Adlina, saya juga tertarik dengan Air Mancur menari. Dua lagu, Bengawan Solo dan satu lagu nasional mengiringi air mancur menari warna-warni. Suguhan kelas Internasional. Dancing Fountain. Gratis dinikmati warga. Saya membayangkan pertunjukkan ini serupa di kota-kota besar dunia lainnya.

Capek berkeliling, kami duduk-duduk (kembali) di aspal. Ngobrol aneka topik sambil makan kuaci merk Rebo. Gurih. Di depan kami, Tugu Monas kembali melenggak lenggok. Cahaya menyirami tubuhnya yang putih langsing.

Beberapa orang berolahraga. Saya terkadang ragu untuk menghirup dalam udara Monas. Udara Jakarta beracun. Bisa disimak di artikel ini.

Dalam hati saya berharap, semoga semakin banyak taman dan pohon di Jakarta.

Semoga kualitas bahan bakar (BBM) kendaraan semakin baik, tidak ada lagi kelas RON 88 yang beracun, menguap dari knalpot lalu mengotori langit Jakarta.  

Dalam hati, saya juga menimbang-nimbang apakah saya mempertahankan atau mencopot aplikasi BluePay dan Gowes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s