Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Ijazah Aditya Heru Wardhana
Ijazah Berbahasa Latin

Hai

Jika anda lulusan luar negeri, maksudnya sekolah atau kuliah di luar Indonesia, bukan luar negeri alias swasta maka sebaiknya anda mengurus SK Penyetaraan Ijazah. Saya yang juga lulusan luar negeri ciye ciyee mengurus SK tersebut. Pengurusan sangat mudah apalagi sudah ada lulusan sebelum anda di jurusan dan kampus dimana anda kuliah. Saya beruntung mendapat beasiswa dari Asian Center For Journalist (ACFJ) untuk mengambil Master di Ateneo de Manila University. Berkuliah sambil bekerja plus berorganisasi plus ngurus keluarga itu sesuatu bingitss.. Perjuangan mati-matian saya dan pengorbanan luar biasa dari istri dan anak-anak.

Alhamdulillah dengan segala drama dan rintangan, saya lulus dan berhak menyandang Master of Arts of Journalism. Wisuda siih sudah 2015 lalu. Baru sempat ngurus SK Penyetaraan bulan Juli. Gampang bingits mengurusnya. Berikut kiat-kiatnya

IMG_20180904_132809.jpg
Petugas resepsionis

Pertama, siapkan semua dokumen yang diperlukan.

Pindai alias scan dokumen asli yaitu Ijazah dan Transkrip yang berbahasa Inggris. Jika Ijazah dan Transkrip tidak dalam bahasa Inggris, maka wajib menyertakan  terjemahan dalam bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah. Naaah ijazah saya dalam bahasa Latin. Ketika wisuda, saya mengurus semacam surat keterangan dari otoritas di Filipina untuk menyatakan ijazah dalam bahasa Latin itu benar. Dokumen lain tesis atau disertasi anda dalam bentuk Title, Abstract and Conclusion. Tidak perlu keseluruhan halaman. Bikin penuh server kali yaaa. Perlu juga KTP.

Jaman modern begini, dokumen saya foto lalu edit untuk merapikan. Crop yang tidak diperlukan, atur brightness dan contrast.

Kedua, silakan klik http://ijazahln.dikti.go.id/ijazahln/

Bila baru pertama mengakses, anda perlu registrasi membuat akun. Caranya gampang tinggal mengisi kolom, diperlukan email dan password. Setelah registrasi, link akan dikirim ke email anda. Silakan klik untuk verifikasi.

Ketiga, isi kolom kolom yang tersedia.

Ada beberapa halaman kolom yang harus diisi namun mudah saja. Asal persyaratan lengkap, tidak sampai satu jam sudah selesai. Semua berkas diunggah online. Anda tidak perlu lagi membawa berkas fisik.

IMG_20180904_132530

Keempat, kerjakan yang anda sukai.

Jika semua kolom persyaratan sudah diisi lengkap dan didaftarkan, anda tinggal menunggu proses verifikasi. Sembari menunggu, anda bisa melanjutkan hidup anda, melakukan yang anda sukai, travelling, melamar idaman anda, tanda tangan kredit rumah atau apapun terserah anda. Setiap proses diberitahukan melalui akun anda. Verifikasi lancar bila sudah ada lulusan sebelumnya yang mengurus SK. Kebetulan di jurusan saya, sudah ada beberapa senior yang mengurus seperti mas Lilik, mas Maryoto, mas Bintang. Muluslah jalan saya.

Kelima, ambil SK sekalian jalan-jalan

Jika SK telah siap, anda menerima pemberitahuan lewat email. Daftar secara online kapan anda akan mengambil SK lalu siapkan dua lembar pas foto ukuran 3×4. Silakan datang di tanggal pilihan anda. Gedung RistekDikti ada di samping FX Plaza. Kantornya di dekat lobby.

Ketika saya datang, pas jam 12 siang. Ada mbak resepsionis yang manis dan ramah, membantu memberi nomor antrian 43. Saya diingatkan perihal pass foto. Waduuh saya lupa ngeprint. Si mbak menyarankan mencetak di Snappy dekat Senayan City. Aaah clink ide cemerlang terbit, belakang Senayan City ada kampus Moestopo, pasti ada cetak foto disitu. Mumpung lagi istirahat siang. Saya lantas pesan ojek online ke Moestopo.

Di depan kampus Moestopo berdiri kios makanan dan kios foto copy. Saya berlabuh di kios fotocopy Sinar Terang. Lewat blue tooth, file pass foto dikirim lalu dicetak deeh. Urusan perfotoan beres, saat ini isi perut. Banyak pilihan menu. Pas bener karena lingkungan kampus, harganya pun murah. Saya makan siang di warung padang dengan menu nasi sayur plus cincang plus tempe plus es teh manis hanya 25 ribu. Kenyaaang.

Setelah makan, saya langsung cuss kembali ke Gedung Ristek Dikti. Antrian sudah di 48. Saya menunggu di depan loket pengambilan ijazah. Oh yaaa jangan lupa print surat pengambilan ijazah yang sebelumnya anda. Anda cukup serahkan selembar surat itu dan petugas akan langsung memberikan. Hanya lima menit, anda sudah mendapatkan SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri.

IMG_20180904_132427
Loket Pengambilan Ijazah

Jika setiap hari ada 50 orang yang mengambil SK maka dalam sebulan ada sekitar 1100 orang lulusan luar negeri yang mengurus SK. Setahun 13200 orang lulusan luar negeri. Woow ini adalah aset bagi pembangunan bangsa. Kalangan terdidik yang seharusnya memberi manfaat dan kerja nyata bagi sesama. Ini baru yang menyetarakan ijazah, yang belum mengurus pasti jumlahnya lebih banyak lagi.

Sampai jumpa besok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s