MAGANG

catatan magang.jpg
catatan bimbingan magang

Hai

Semester gasal 2018 ini, aku dapat jatah membimbing anak magang. Senin sore (10/9) empat anak magang sudah menunggu di lantai 6, kantor Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Aku mengumpulkan keempatnya di ruang rapat. Berikut cerita dari masing-masing mereka

Disa, magang di Koran Kontan. Dia berada di rubrik bursa. Seringkali menulis berita tentang nilai tukar kurs dan dinamika bursa. Untuk menulis berita, Disa harus mewawancarai analis dan pengamat.

“Dari mana kamu dapat kontak para analis?” tanyaku.

“Diberi para senior pak”

Disa bersemangat magang di Koran Kontan sebab meliput ekonomi merupakan hal baru baginya.

“Ini kesempatan kamu untuk menambah ilmu dan wawasan soal ekonomi. Semoga jadi bekal yang penting karena wartawan ekonomi itu jarang lhoo” ujarku memberi semangat.

Selama ini, Disa mendapat penugasan menulis dari editor yang membimbing di Kontan. Aku memberi tantangan agar Disa bisa memberikan usulan lalu usulan tersebut bisa diterima dan diliput sampai tembus dimuat di Koran Kontan. Sebuah prestasi yang luar biasa bagi sekelas anak magang. Dari Kontan, Disa mendapat uang saku 65 ribu rupiah per hari.

Anak magang kedua adalah Annisa yang magang di detik health. Annisa sudah kerap menulis laporan dan dimuat di detik health. Beberapa artikel bahkan mencapai page view yang cukup tinggi dan menjadi trending topic. Yaitu mengenai Jojo yang buka baju. Berita bisa dibaca disini DUH JOJO, KENAPA BUKA BAJU MELULU?

Liputan lain yang juga terkait Asian Games adalah kegiatan BPOM yang mengawal keamanan pangan terpadu. Annisa mengikuti kegiatan pengecekan makanan di food court kawasan Thamrin. Beritanya berikut link

Aku mengapresiasi kinerja Annisa. Untuk meningkatkan pengalaman, aku menantang Annisa mengajukan usulan yang bisa diterima bahkan masuk ke FOKUS atau tema khusus. Usulan adalah tema yang tidak mengikuti isu yang lagi hangat, contoh isu hangat soal Jojo copot baju tapi Annisa bisa mengcreate tema yang lebih orisinil tapi lalu bisa mencuat.

Annisa juga diminta masuk di akhir pekan. Banyak juga liputan yang bisa dikerjakan di akhir pekan. Setiap hari kerja, Annisa mendapat uang saku 40 ribu rupiah.

Mahasiswa magang berikutnya adalah Carisa yang magang sebagai fotografer di Jakarta Post. Mantap juga niih posisinya. Di awal magang, Florentina pernah mendapat penugasan yang diterimanya jam 10 pagi untuk memotret suatu acara. Acara sendiri mulai jam 8 pagi. Florentina bergegas berangkat dari Rawa Buntu menuju lokasi. Namun karena terkendala jarak, dia tiba di lokasi jam 12 siang. Untungnya masih ada sesi yang belum selesai sehingga sempat memotret. Hasil jepretan Florentina sudah muncul di koran The Jakarta Post maupun versi daring.

Aku memberi dua tantangan bagi Carisa, pertama fotonya bisa menembus headline dan yang kedua membuat karya photo story berdasarkan usulan dia sendiri.

Mahasiswa yang keempat bernama Florentina yang magang di KBR Kantor Berita Radio. Tugas Florentina di bagian audience research. Aku meminta Florentina untuk menggali arti penting audience research bagi KBR.

Kepada mereka, aku memberi arahan agar mendokumentasikan setiap proses magang termasuk mengumpulkan hasil-hasil liputan yang dimuat. Dari hasil itu nanti disusun dalam laporan magang dan dianalisa terutama berita-berita yang TER, terpopuler, tersulit meliputnya, terbanyak page view dan TER-TER yang lain.

Aku juga berpesan agar mereka memanfaatkan betul kesempatan magang ini apalagi mereka beruntung magang di media-media yang terkemuka, Kontan, Detik, The Jakarta Post dan KBR.

“Kalian harus proaktif, jelajahi setiap sudut kantor, ajak ngobrol sebanyak mungkin senior. Curi ilmu dan pengalaman mereka.” pesanku.

“Tidak hanya kemampuan teknis misalnya menulis tapi menyerap budaya kerja dan dunia nyata industri itu buah magang yang luar biasa.”

Sampai jumpa besok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s