MENGAPA XIAOMI MURAH?

HaiXiaomi

Smartphone Lenovo yang dipakai istri sudah lebih dari empat tahun beroperasi. Kerap ngadat, hang, minta restart, baterai boros. Karena HP cukup vital untuk berbagai keperluan maka kami butuh HP baru. Saya menimbang merk Xiaomi. Beberapa kawan merekomendasikan dan memakai Xiaomi. Alasannya, dibanding dengan merk lain dengan spek sama namun harga Xiamoi lebih murah.

Memang siih, ketika saya bandingkan Xiaomi dengan merk lain, harga Xiaomi lebih murah. Contoh di toko Lucky Cell, Ciracas, Xiaomi Redmi 6 dengan spek Ram 4/64 dibanderol 2.499 juta sedangkan merk lain seperti Vivo dan Oppo di kisaran 2.8 juta. Akhirnya kami menjatuhkan pilihan ke Redmi 6.

Seminggu kemudian, saya juga butuh HP lagi untuk menampung email dan Whatsapp kantor, saya milih spek yang lebih rendah. Pilihan jatuh ke Redmi 5A dengan Ram 2/16 diharga 1,499 juta. Sedangkan merk lain sekitar 1,8 jutaan.

Kok bisa Xiaomi lebih murah dibanding merk lain

Saluran Pemasaran

Xiaomi tidak membuka cabang di Indonesia. Untuk pemasaran Xiaomi menggandeng TAM sebagai distributor. Ketika hendak beli, pelayan Lucky Cell beberapa kali menegaskan Xiaomi tidak ada garansi toko sehingga bila ada kerusakan maka saya harus ke gerai TAM tidak bisa ke toko. Sedangkan merk lain ada garansi toko.

 Tidak ada Promosi

Kita tidak pernah melihat iklan Xiaomi baik di media massa atau sosial media (sosmed). Tidak seperti Samsung yang jor-joran iklan. Kita juga tidak akan menemukan banner Xiaomi di toko-toko. Banner VIVO dan OPPO bertebaran di hampir semua toko HP. Tidak hanya di kota namun sampai ke pelosok pedesaan. Xiaomi tidak mengeluarkan biaya iklan. Mengandalkan word of mouth alias promosi para pemakainya. Kita gampang mengikuti forum-forum pengguna Xiaomi.

Flash Sale

Inovasi pemasaran Xiaomi adalah dengan flash sale. Untuk tipe-tipe tertentu Xiaomi hanya  memproduksi barang terbatas lalu dijual dengan jangka waktu tertentu. Para pembeli harus berebutan untuk mendapatkan HP Xiaomi dambaan. Flash Sale sangat menghemat ongkos penyimpanan dan menjadi ajang promosi gratis yang efektif.

No Headphone No Anti Gores

Jamaknya setiap membeli HP, konsumen mendapatkan aksesoris seperti headphone dan anti gores. Namun Xiaomi tidak menyediakan itu. Konsumen harus membeli sendiri aksesoris. Kami membeli tempered glass di Lucky Cell 25 ribu. Cukup murah namun tempered glass terbuka dari mika dan lumayan tebal.

Iklan masuk di HP Xiaomi

Saya kaget, sejak kapan Whatsapp ada iklannya. Ternyata HP Xiaomi dimasukin iklan. Seringkali kita membuka aplikasi di Xiaomi apapun aplikasinya seperti Whatsapp, email bahkan ketika membuka setting pun bisa muncul iklan. Xiaomi pun mengumpulkan data pemakaian konsumen dan menjualnya ke pengiklan. Hal ini cukup mengganggu dan mengkhawatirkan.

WhatsApp Image 2018-09-23 at 00.23.29 (1)
Iklan yang muncul di aplikasi Whatsapp
WhatsApp Image 2018-09-23 at 00.23.29
Iklan yang mendadak muncul ketika membuka aplikasi. Iklan ini muncul ketika membuka Setting

Keamanan data dan privasi memang jadi isu dimana-mana. Ditengarai setiap pabrikan smartphone memantau, menyimpan dan menggunakan data para pengguna.

Sampai jumpa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s