500

Hiii,…

Di video episode 932 Nas Daily berkisah selama 900 hari lebih dia tidak pernah libur. Meski sakit. Meski akhir pekan. Kapanpun tidak pernah libur. Setiap hari Nas memproduksi video sepanjang 1 menit yang diunggah di Facebook. Saat aku menulis ini, Nas Daily sudah mencapai 936 episode. Wooow

Facebook Page Nas Daily diikuti 9.9 juta pengikut… Woooow lagi

Nas Daily
Nas Daily Facebook Page

Nas bertekad memproduksi terus hingga mencapai 1.000 episode.

Lalu, apa yang terjadi setelah berhasil bikin 1.000 video? Aku tak tahu. Kita tunggu apa lagi kejutan dari Nas Daily.

Kelebihan video Nas adalah kejutan-kejutan. Meski berdurasi pendek namun kaya akan pesan. Nas mengangkat berbagai macam cerita, tidak hanya tentang dirinya tapi juga tentang orang lain, tentang suatu masalah, tentang suatu kota bahkan tentang rasa cinta orangtua kepada anak.

Nama lengkapnya Nusseir Yassin, lahir dari keluarga Arab Palestina yang tinggal di Arraba, kota pertanian kecil di Israel utara. Sewaktu muda, eeh sekarang juga masih muda yaaaks lha wong Yassin kelahiran 92, semangat menuntut ilmu dan kuliah di kampus yang mentereng. Lulus dari Harvard University dari bidang ekonomi, Yassin lalu bekerja di Venmo, start up fintech, bergaji $120.000 per tahun Woooow. Bila dirupiahkan sebulan $10.000 alias 140 jutaan.

Sukses, mapan, kerja enak, nyaman. Sungguh idaman banyak orang (mungkin idamanku juga kali yaaa haha)

Tapi etetapi, Yassin bosan dengan rutinitas. Whaaaat,.. Was he bored with $10.000 per month? He could buy anything he wanted it.

“My job was overpaid. It wasn’t satisfying enough,” he told Business Insider.

Setelah bekerja satu setengah tahun dan mengumpulkan duit 60.000 dollar, Yassin keluar kerja, membeli kamera, tiket pesawat dan berniat travelling keliling dunia. Dia mulai memakai nama Nas yang artinya Manusia.. Brader and sister hapal dong surat An Nas.

Nas membuat laman Facebook dan berjanji membuat video setiap hari hingga mencapai 1.000 episode. “Saya bukanlah orang yang biasa mengambil resiko. Tapi saya tidak mau menyia-yiakan waktu semenit pun” kata Nas.

Kenya adalah negara pertama yang dikunjungi Nas. Perusahaan media asal Rusia yang beroperasi di Nairobi menawari Nas untuk memproduksi video dengan imbalan $3.000 per bulan. “Video saya berkisah tentang manusia” “Kita memang selalu sibuk, tapi kita masih punya waktu luang yang bisa dimanfaatkan” lanjut Nas.

Video-video Nas mulai menarik penonton. Banyak yang tertarik dengan konsep, cara pengambilan gambar dan cerita yang disajikan Nas Daily. Termasuk aku. Meski aku memang tidak mantengin, tidak menunggu-nunggu apa yaa video baru Nas Daily hari ini. Aku tidak mau kecanduan.

Kerja keras dan konsistensi merupakan kata kunci keberhasilan Nas. Agar bisa menikmati kerja keras dan mempertahankan konsistensi, Nas punya rahasia. “I don’t do this for money, and I am lucky to be doing something I enjoy and making money from it.”

Nikmati prosesnya dan kesuksesan akan datang.

Aku teringat nasihat Mami, “golek jeneng, jenang teko dewe” Bekerjalah membangun nama baik, karya yang baik maka rejeki akan datang sendiri.

Aku mengagumi konsistensi Nas yang memikirkan konsep lalu memproduksi video setiap hari. Konsistensi ini yang harus aku nikmati.

Entah kapan, sudah lupa siih, aku pernah berjanji untuk menulis setiap hari. Tapi paling konsisten cuman semingguan setelah itu lenyap ditelan kesibukan. Capek laah, gak ada ide laah, gak mood lah, laptop low batt laah, gak ada internet laah.

 

Naah mumpung November baru mulai merekah, aku berniat lagi menulis setiap hari. Tulisan minimal 500 kata, bertema apa saja. Apa saja siih yang penting ada “news value” halaah haha.

Tulisan apa saja yang bisa dibaca dan semoga memberi manfaat.

Ada kenikmatan dalam diri setelah mempublish tulisan di blog. Dan mulai sekarang aku belajar mencandu kenikmatan itu.

That’s 500 words and see you tomorrow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s