PERSAUDARAAN

WhatsApp Image 2018-11-08 at 16.10.36
Senyum indah Pak Garmin

Drew Binsky adalah seorang Yahudi. Dia berkelana ke banyak negara, termasuk mengunjungi 39 negara Muslim seperti Iran, Mauritania, Jordan, Maroko, Tajikistan dan banyak lagi. Sejak kecil, Drew dicekoki bahwa Muslim merupakan orang jahat. Islam adalah agama kekerasan. Akan tetapi, kenyataan yang Drew temui menjungkirbalikkan prasangka yang terbentuk cukup lama. Keramahan dan kelembutan hati para Muslim mampu membasuh kesalahpahaman yang selama ini mengental di benak Drew. Warga negara Amerika Serikat ini malah jatuh cinta dengan tradisi yang diperbuat kaum Muslim. *I absolutely love everything about their way of life” Drew bersaksi di video yang diunggah ke Facebook.

Drew merekam wajah-wajah ramah penuh senyum Muslim dan Muslimah, tua dan muda dari pelbagai wilayah. Keindahan arsitektur, lembutnya karpet dan ketenangan di dalam masjid memukau Drew. Dia tak sanggup menghitung berapa ribu kali tawaran makan, minum bahkan tempat untuk menginap yang ia dapat.

Drew juga takjub dengan eratnya persaudaraan yang ditawarkan Muslim. “Not a day goes by without their love and comfort. and if you become good friends with a Muslim, they will call you brother as if you’re part of family”

Brother Drew, please come to Indonesia, demikian komentar singkat saya di video 5 Things I Love About Muslim Culture yang dibuat Drew.

Rasa persaudaraan semakin tebal tatkala di grup whatsapp Alumni UTM Aqsha II mengabarkan Pak Garmin bersiap berangkat umroh. Pak Garmin seorang buruh tani mungkin tidak pernah mengira bisa beribadah di Baitullah. Berkat solidaritas para jamaah alumni Al Aqso dengan ringan mengumpulkan rejeki dan terkumpul sejumlah dana untuk memberangkatkan pak Garmin ke tanah suci. Di kampungnya di Ngadilangkung, Kepanjen, Kabupaten Malang, Pak Garmin yang sudah berusia 67 ini tahun ini sibuk mengurus mushola. Setiap hari, pak Garmin menjadi imam sholat dan mengajar ngaji anak-anak.

Berbagi ihram adalah salah satu kebiasaan baik yang dilakukan komunitas Umroh Tiket Murah (UTM). Jamaah yang tergabung dalam suatu kloter umroh menyisihkan sebagian rejeki untuk disumbangkan kepada para saudara yang membutuhkan biaya umroh. Kita juga menampung usulan daftar nama orang-orang yang layak untuk diberangkatkan umroh. Nama Pak Garmin diusulkan oleh Pak Krisno, jamaah asal Malang. Foto-foto dan informasi latar belakang calon dibahas bersama. Dan takdir Allah menghendaki pak Garmin, seorang buruh tani untuk sowan dan menundukkan kepalanya di tanah suci.

Begitu nama pak Garmin terpilih, beberapa jamaah dan admin UTM bekerja sukarela membantu kelancaran dan melengkapi persyaratan. Seperti mengurus pass port, menemani suntik meningitis sampai menjemput Pak Garmin dari Malang menuju Jakarta. Admin UTM adalah para pengurus komunitas UTM yang mengorganisir setiap kloter perjalanan umroh. Saya belajar banyak di komunitas UTM. Belajar berbagi dan bekerja sama. Belajar saling memahami dan merendahkan ego. Belajar bersyukur atas karunia Tuhan yang telah memperjalankan hambanya ke tanah paling mulia di muka bumi. Belajar untuk terus memantaskan diri menjadi Muslim yang baik, Muslim bermanfaat bagi sesama.

Aneka dipanjatkan para jamaah kepada pak Garmin agar selalu sehat selama perjalanan dan bisa khusyuk beribadah.

Hakikatnya setiap perbuatan yang kita lakukan akan kembali ke diri sendiri. Saya mencopaskan salah satu pengharapan anggota grup Alumni Aqsha yang indah.

[16:23, 11/8/2018] +6252-6133-****:  Senyum tulus ikhlas.. tanpa beban…

Klo kita berangkat umroh mungkin masih ada sedikit niat ingin pamer, riya, sombong

Tapi insya Allah klo seperti pak Garmin ini..niatnya tulus banget…

[16:23, 11/8/2018] +62 852-6133-****: Mungkin dengan program begini..

Ada pahala ibadah umroh kita yg bolong2…bisa dilengkapi dengan perantaraan doanya pak garmin

 

Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa besok.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s