Jangan Ngopi Lebih dari 6 Cangkir per Hari

Coffee
Enjoy your breakfast

Saya susah sekali menahan godaan si hitam yang hangat. Aroma harum terus meliuk-liuk, menerbitkan air liur. Menggoda untuk menyeruput. Dan banyak orang seperti saya, yang terpikat dengan kopi.

Saya biasa minum dua gelas kopi setiap hari. Jika ada training atau seminar, bisa sampai lima gelas.

Gelas pertama ketika sarapan.

Gelas kedua dihirup ketika morning coffee break

Gelas ketiga after lunch

Gelas keempat ketika coffee break sore

dan gelas kelima menjelang atau sesudah dinner.

Mengikuti training, badan siih santai, duduk doang, tapi otak butuh kerja keras. Apalagi jika training dalam bahasa asing. Hihihiii ekstra translation.

Aman gak siih saya minum kopi lima gelas dalam sehari?

Penelitian yang dilakukan oleh University of South Australia (UniSA) mengungkapkan minum kopi lebih dari enam cangkir per hari bisa merugikan kesehatan, meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22%. Di Australia sendiri satu dari enam penduduk Australia mengidap penyakit jantung.  Setiap 12 menit, satu orang meninggal akibat penyakit jantung. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) penyakit kardiovaskular atau jantung merupakan penyebab kematian tertinggi, meski bisa dicegah. Di Indonesia, penyebab kematian tertinggi adalah penyakit kardiovaskular sebanyak 35% alias 1 dari 3 penyebab kematian.

Bagi yang belum tahu, penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah seperti stroke, penyakit jantung koroner, gagal jantung dan darah tinggi atau hipertensi.

Peneliti UniSA Dr Ang Zhou dan Director Australian Centre for Precision Health, Professor Elina Hypponen menyelidiki hubungan antara konsumsi kopi dalam jangka panjang dengan penyakit kardiovaskular.  Mereka menyatakan kelebihan kafein menyebabkan darah tinggi yang merupakan penyakit pendahulu serangan jantung.

“Kopi adalah stimulan yang banyak di konsumsi, membangkitkan kita dari kantuk, meletupkan energi kita dan membantu kita fokus, tapi orang selalu bertanya-tanya Berapa batas kafein?” kata Prof Hypponen.

“Banyak orang setuju jika anda minum kopi berlebihan, anda merasa gelisah, mudah tersinggung atau mual, itu karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras, tetapi kemungkinan juga menyarankan bahwa Anda mungkin telah mencapai batas Anda untuk saat ini”

Kita juga tahu bahwa peningkatan risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi merupakan konsekuensi dari konsumsi kafein yang berlebihan.

“Untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang normal, orang yang membatasi minum kopi jangan lewat enam cangkir per hari, berdasarkan data kita, enam cangkir adalah batas dimana kafein mulai berdampak negatif terhadap risiko kardiovaskular” terang Prof Hypponen lebih lanjut.

Menggunakan data UK Biobank yang melibatkan 347.000 peserta berusia 37-73 tahun, peneliti mencari tahu kemampuan gen CYP1A2 untuk memproses kafein dengan lebih baik, mengidentifikasi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular sejalan dengan konsumsi kopi dan variasi genetik di setiap tubuh manusia.

Prof Hyppönen mengatakan bahwa meskipun pembawa variasi gen pemroses cepat empat kali lebih cepat dalam memetabolisme kafein, penelitian ini tidak mendukung keyakinan bahwa orang-orang ini dapat dengan aman mengonsumsi lebih banyak kafein, lebih sering, tanpa efek kesehatan yang merugikan.

Diperkirakan tiga miliar cangkir kopi dinikmati setiap hari di seluruh dunia.

Prof Hyppönen berpesan “Mengetahui batasan apa yang baik  dan yang tidak baik untukmu adalah keharusan. Seperti banyak hal, semuanya tentang moderasi, terlalu banyak minum kopi dan kesehatan Anda akan membayar untuk itu.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s