WAWANCARA

“Pa, teman Papa ngechat di IG” Jika anak perempuanku tidak memberitahu, bisa jadi pesan itu tidak terbaca berhari-hari. Meski punya akun, aku jarang buka IG. Lha wong follower masih ratusan kok. Belum jadi Seleb IG. Hanya untuk bersenang-senang.

Aku heran mengapa si teman itu kerap ngechat lewat IG.

Kami pertama kali bertemu di kantor CNN Indonesia TV. Dia datang bersama rombongan dinasnya.

Selepas pertemuan, kami bertukar kontak.

Sabtu siang, di Clover Kafe, kami bertemu. Aku menyesap Hot Vietnam Drip sedangkan dia memilih jus. Ada pisang goreng diantara kita. Dia ingin serius menggarap blog Berniat lebih rajin menulis. Salah satu yang sedang ia tulis adalah kisah seorang pimpinannya di kantor. Untuk mengumpulkan bahan, berjam-jam Inung mewawancarai narasumbernya. “Ngobrolnya ngalor ngidul, gimana ya supaya bisa sesuai tema yang saya inginkan?” tanyanya. Berhadapan dengan bos, seringkali membuat kita sungkan, meski yang dibicarakan bukan urusan kedinasan.

conversation needpix
needpix.com

Mikir sejenak.

“Ini berdasar pengalamanku jadi wartawan yaa” aku membeberkan beberapa tips wawancara. 

SEJAJAR

Proses wawancara akan berlangsung lancar dan mendapatkan hasil sesuai target jika kita berposisi sejajar dengan narasumber. Wartawan tidak perlu minder, jangan takut saat mewawancarai Presiden atau narasumber yang berpengaruh. Jangan juga sombong, intimidatif ketika berhadapan dengan tukang sapu, atau orang-orang kecil. Seni menjadi wartawan salah satunya fleksibel, bisa menghadapi siapa saja. 

KESEPAKATAN

Kita perlu menjelaskan kepada narasumber, apa topik yang akan kita tanyakan, berapa lama durasi wawancara (tergantung waktu si narasumber juga), dimana akan melakukan wawancara. Tapi jangan membocorkan pertanyaan-pertanyaan ke narasumber. Beberapa pejabat ada yang mensyaratkan daftar pertanyaan kepada wartawan ingin mewawancarai. No questions, No interview. Jurnalis biasanya mengakali, mengirim pertanyaan yang bersifat umum. Pertanyaan kunci disimpan rapat. 

FOKUS

Seringkali, narasumber berbicara panjang lebar, ngalor ngidul. Melenceng dari topik. Kendali wawancara ada di pihak kita, yang mewawancarai. “Cerita bapak mengenai koleksi mantan-mantan pacar selama sekolah itu menarik, tapi kita kembali dulu ke topik mengenai bla..blaa..blaa”

KERJAKAN PR

Kuasai topik yang menjadi tema wawancara. Pahami latar belakang narasumber kita. Jika narasumber mempunyai tulisan, publikasi, buku yang relevan dengan tema, ayo dibaca. 

Dulu, para senior sering mengingatkan tiga kunci sukses liputan, Riset..Riset dan Riset.

Di secarik kertas bekas, dia mencatat.

Gantian aku yang bertanya “Kok gak WA. Untung anakku buka IG. Kalo ndak, kita gak bisa ketemu”

Ternyata dia belum menyimpan nomorku. Haha pantas saja.

Bicara soal bincang-bincang atau wawancara, aku salah satu penggemar Oprah Winfrey. Para narasumber yang diwawancarai Oprah bisa bicara lepas dan emosional meski dihadapan kamera, penonton studio dan terpaan tata cahaya yang menyengat. Oprah dengan mudah mengali kisah-kisah yang terpendam.

Salah satu narasumber yang pernah diwawancarai Oprah adalah Gretchen Rubin, penulis buku best seller The Happines Project. Gretchen sangat terkesan dengan cara Oprah mewawancarai. Di laman blognya, Gretchen menulis 5 tips wawancara yang bagus yang diajarkan Oprah.

Aku kutipkan lima tips itu yaaaks..

  1. Oprah menyiapkan diri dengan sangat baik dan membaca beberapa buku Grecthen Rubin.
  2. Dia pendengar yang baik, wawancara terasa seperti ngobrol akrab.
  3. Menjaga keseimbangan, jika si narasumber tidak banyak bicara, maka wawancara gagal.
  4. Oprah sanggup mengejutkan Gretchen.
  5. Memegang kendali

Aku menebalkan Ngobrol akrab. Seni mendekati narasumber agar wawancara berlangsung akrab, seperti kawan lama yang ngobrol tapi terarah dan terkendali.

Selamat menikmati wawancara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s