Belajar dari Rumah, Hari Pertama

Sekolah diliburkan. Lebih tepatnya siih belajar mandiri di rumah. Jangan jalan-jalan, please no playdate, ojo nongkrong, gak usah arisan (dulu). Kalau pulkam alias pulang kampung gimana? Hmmm sebaiknya jangan pula deeh. Beresiko tertular COVID-19 di perjalanan. Beresiko pula menularkan corona virus pada sanak-saudara di kampung halaman. Kasihan buat kakek-nenek, pakdhe budhe yang berusia lanjut. Sudah banyak broadcast, poster bahkan video pentingnya social distancing.
Pokoknya #diamdirumahcuk Demi kemenangan Homo Sapiens melawan Coronavirus.
 
Kantor-kantor dianjurkan Work From Home. Kerja dari Rumah, mari kita lihat seberapa rajin rakyat +62 bekerja dari rumah haha.
 
Saya sendiri, sebagai jurnalis televisi tidak bisa Report From Home. Harus tetap ngantor. Kawan-kawan tim liputan tetap turun ke lapangan. Berjibaku di garis depan, mengumpulkan informasi yang akurat dan bermanfaat untuk publik. Memang sudah ada beberapa instansi yang mengumumkan akan menggelar jumpa pers secara daring. Tapi jurnalis khan bukan hanya meliput jumpa pers. Banyak peristiwa, agenda dan narasumber yang mesti kita kejar.
 
Semoga para jurnalis Indonesia dan seluruh dunia diberikan kesehatan dan keselamatan selama bekerja meliput pandemi COVID-19. Begitu pula para tenaga medis, pak polisi, pak tentara, mas masinis, kakak ojol dan siapapun yang tetap bekerja, untuk selalu sehat dan bahagia.
 
Konon kebahagiaan bisa menepis sakit dan nyeri.
 
Kembali ke perihal sekolah. Ini pengalaman pertama Adlina dan Arai menghabiskan waktu dua minggu di rumah saja. Harus dipikirkan, mereka mau ngapain aja. Jangan cuman waktu dihabiskan untuk menghabiskan kuota, Youtuban melulu.
 
WhatsApp Image 2020-03-16 at 1.25.06 AMDi facebook, kok ndilalah saya nemu gambar jadwal harian COVID-19 usia SD. Pas banget. Hii Catha Maria, terima kasih sudah menyusun jadwal yang rapi jali ini. Pasti banyak orang tua yang terbantu.
Jadwal harian mengatur kegiatan secara rigid. Namun detail konten, kegiatan atau mata pelajaran yang akan dilakukan, harus disusun lagi.
 
Saya membagi tiga sesi, pagi-siang-sore.
 
Berikut detail kegiatan Senin 16 Maret 2020
 
Sesi Pagi
Mengacu jadwal, waktu akademis tanpa elektronik.
Semalam, Shanty Wardhana bilang pihak sekolah tengah mengumpulkan alamat email. Mungkin untuk jalur komunikasi tugas sekolah atau malah sekolah akan menggunakan platform daring. Sembari menunggu info lebih lanjut, kita siapkan saja sesi pagi.
Adlina sudah membooking saya untuk bantu menyiapkan pidato tentang Kota Paris dan Menara Eiffel. Poster pendukung sudah disiapkan di sekolah, tinggal merangkai kalimat. Pidato ini salah satu ujian praktek kelas 6.
Adlina beres, tinggal Arai niih yang masih di kelas 4. Senin ini, Arai diminta baca-baca buku pelajaran.
 
Sesi Siang
Waktu akademik dengan elektronik.
Ada website menarik niih https://www.typing.com/ belajar mengetik. Di era digital ini, kemahiran mengetik 10 jari rasanya relevan yaaks. Jangan sampe anak-anak kita cuman mahir scroll-scroll ajaah haha.
Situs https://www.typing.com/ ini gratis.. Login dengan akun Google.
Anak-anak belajar mengetik dengan menyenangkan.
Kebetulan kita punya dua laptop, Adlina dan Arai bisa melancarkan jemari masing-masing.
 
Sesi Sore
Hobi atau seni di luar rumah jika memungkinkan.
Kami sebenarnya sudah gatal beberapa hari terakhir belum berenang. Tapi untuk Senin ini, kami menahan diri dulu tidak nyebur.
Pilihan jatuh Get Moving https://family.gonoodle.com/ kita bergerak bersama mengikuti video yang bisa dipilih. Situs ini menyediakan konten yang menyenangkan serta mengaktifkan badan dan pikiran anak-anak.
Situs ini juga menyenangkan orangtua, bisa goyang bersama keluarga, gratis pula.
 
Saya memasukkan jadwal ini ke Google Calendar supaya rapi dan ada simbah Google yang membunyikan alarm. Ayooo sekarang begini… sekarang begitu
 
Monggo jika ada yang mau mengikuti.
Senang hati pula jika ada yang sharing, ngapain ajah siih kegiatan nak-kanak di rumah yang bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s