Tantangan Liputan COVID-19 di Italia

“Respect terhadap para ahli dan ilmu pengetahuan. Itu penting. Orang Italia religius tapi untuk urusan kesehatan, mereka nurut” 

Cerita Rieska Wulandari, jurnalis lepas asal Indonesia yang saat ini tinggal di Milan. Italia tengah menjadi episentrum wabah Coronavirus. Lebih dari 50ribu orang terinfeksi Coronavirus dan lebih dari lima ribu orang meninggal dunia akibat COVID-19. Konvoi truk militer yang mengangkut peti mati, hilir mudik di berita dan sosial media.

WhatsApp Image 2020-03-23 at 9.22.37 AM

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta pada, Jumat 20 Maret 2020 mengadakan diskusi online dengan Rieska. Menurut Rieska, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jurnalis ketika meliput wabah. 

Pertama, narasumber harus dari sumber resmi. Tapi itu mungkin tidak cukup karena beberapa negara punya kecenderungan tidak transparan. Jika data dinilai berpotensi merontokkan ekonomi, ditunggangi. Usahakan cari data pembanding agar kita bisa mengontrol. 

Kedua, memastikan selalu menggunakan peralatan perlindungan diri. Di Milan, Italia, situasi cepat berubah. Kemarin Rieska keluar tanpa masker tapi hari ini, jika keluar tanpa masker, merasa tidak nyaman. 

Grafik masih naik. Meski kita sudah mengurangi aktifitas, penyebaran virus masih masif. Jika tidak berjuang bersama, tidak tahu kapan selesainya. Betul-betul kesadaran masing-masing harus dilaksanakan.

Supaya logistik tidak hilang dari peredaran dan tersedia serta harga tidak naik, diatur secara ketat oleh pemerintah Italia supaya truk pengangkut logistik tetap berjalan. Operator logistik juga tetap mendapat ijin agar terus bisa mendistribusikan barang. Yang penting kebutuhan pokok terpenuhi. 

Pemerintah Italia juga transparan dalam menanggulangi pandemi Coronavirus.

Lengkapnya simak di podcast Tantangan Meliput COVID-19 di Italia di platform berikut

Spotify

Youtube

Anchor

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s